Senin, 03 Desember 2018

SEKDA Paulus Igo Hadiri Penyerahan SK Penegerian MAN 2 Flotim di Lamakera

Foto: Tri Buddy
Sekretaris Daerah Kabupaten Flores Timur, Paulus Igo Geroda, S.Sos. M.AP, siang tadi menghadiri acara penyerahan Surat Keputusan (SK) Penegerian MAS Tarbiyah Lamakera menjadi Madrasah Aliyah Negeri 2 Flores Timur, dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi NTT, Drs. Sarman Marselinus; yang diterima oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur, Drs. Karolus Sara Buang Lera, bertempat di halaman Masjid Lamakera, Kecamatan Solor Timur, Senin, (3/12)
Ikut menyaksikan Penyerahan SK itu, Ketua Komisi VIII DPR RI, Dr. M. Ali Taher Prasong, SH. M.Hum, Direktur KSKK Madrasah Kementerian Agama RI, Dr. Umar, MM; Direktur Penanganan Pengungsi BNPB Pusat, Tavip Joko Prahoro, SE.MM dan Camat Solor Timur, Zulkarnaen, SH, MH.

Sekda Paulus Igo mewakili Bupati Flores Timur, Antonius H. Gege Hadjon, ST, dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat Lamakera untuk menaikan puji dan syukur kehadirat Tuhas Yang Maha Kuasa, atas berkat dan ridhoNya, tujuan mulia penyerahan SK Penegerian MAS Tarbiyah Lamakera menjadi Madrasah Aliyah Negeri 2 Flores Timur berjalan dengan aman dan lancar.

Dijelaskan, Lamakera adalah sebuah tempat yang lazim dikenal sebagai sebuah perkampungan nelayan. Dí mana Lamakera yang berada di
pantai paling timur pulau solor yang merupakan daerah pertemuan arus antara selat solor dan laut timor yang juga berhadapan dengan samudera hindia. Faktor Geografis Lamakera yang demikian dipadukan oleh Faktor teologis yang monoteistik, menjadi bagian merajut watak dan karakter antropologis orang lamakera sebagai pekerja tangguh yang religius, ramah dan terbuka. Sesuai dengan karakternya orang Lamakera mengukuhkan indentitas kehormatan dalam berbagai hal, dimana salah satunya adalah membangun prasarana pendidikan.

Lanjut Sekda Paulus Igo, Pembangunan Nasional dalam bidang  pendidikan diarahkan dalam rangka pemerataan dan peningkatan akses masyarakat terhadap pendidikan yang bermutu dan terjangkau sesuai dengan amanat yang harus diemban pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal ini dapat terwujud melalui berbagai upaya dan kebijakan yang nyata dan sungguh, yakni salah satunya mengalihkan status sekolah swasta menjadi sekolah negeri. Hal ini juga merupakan pengakuan Negara pada sekolah Umum berciri khas Islam sebagai bentuk jati diri budaya bangsa yang berakar pada peradaban "Bhineka Tunggal Ika".

Untuk itu perkembangan Madrasah sebagai lembaga pendidikan moderen tidak lepas dari kontribusi Pemerintah melalui Kementrian Agama dan Kementerian Pendidikan Nasional. Implikasinya akan nyata pada legalitas yuridisnya untuk mendapatkan perlakuan yang sama seperti sekolah umum dalam meraih kemajuan serta melaksankan semua aspek kependidikan termasuk muatan kurikulum yang harus diterima lembaga dan satuan pendidikan Madrasah serta sejumlah aturan terkait diantaranya dalam meningkatkan akses dan kualitas
pendidikan Madrasah.

Dikatakan, Modernisasi Pendidikan Madrasah saat ini dapat dilihat pada kemajuan berbagai komponen pendidikanya, seperti infrastruktur yang semakin elegan, fasilitas dan media pembelajaran yang berbasis IT, tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional dan sumber belajar yang relevan dengan kemajuan ilmu pengetahuan terkini.
Mengakhiri sambutannya, Sekda Paulus Igo, atas nama Pemerintah Kabupaten Flores Timur dan seluruh masyarakat Kabupaten Flores Timur terima kasih kepada Direktur KSKK Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia dan Ketua Komisi VIII DPR Republik Indonesia yang telah datang ke Kabupaten Flores Timur khususnya di Lamakera dalam rangka menyerahkan SK Penegerian Madrasah Aliyah Negeri 2 Flores Timur. (Teks: Tri Buddy)



Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar